if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('bDhfOAgKGr4ldqadbi-bnq'); (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://tcr.tynt.com/ti.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})(); } Potensi Batubara di Kalimantan Tengah | Warung Soto Banjar

Sabtu, 12 September 2009

Potensi Batubara di Kalimantan Tengah


Batubara yang menyusun suatu formasi/lapisan batubara pada awalnya berupa gambut atau akumulasi bahan serupa yang kemudian mengalami pembusukan, melalui proses kompaksi dan panas dalam waktu yang sangat panjang maka gambut akan berubah menjadi batubara.
Batubara di Indonesia banyak digunakan untuk bahan bakar, industri semen, PLTU dan dalam jumlah kecil dalam peleburan timah dan nikel.
Batubara di Kalimantan Tengah sudah mulai ditambang sejak awal abad 19 tambang batubara didekat Muara Teweh sudah ditambang sejak tahun 1910 dan mampu menghasilkan sekitar 7.000 ton pertahun saat itu.
Produksi berkurang sejak Perang Dunia ke II dan kemudian berhenti total sekitar tahun 1960.

Survey penyelidikan batubara di Kalimantan Tengah telah dilakukan sejak tahun 1975 oleh beberapa institusi baik pemerintah maupun perusahaan asing, salah satunya PT. BHP-Biliton yang telah memprediksikan bahwa terdapat sekitar 400 juta ton batubara dengan nilai kalori >7.000 berkualitas baik (> 8.000 kal/gr) juga ditemukan di Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya bagian utara.

Di daerah ini batubara banyak ditemukan di Muara Bakah, Bakanon, Sungai Montalat, Sungai Lahei, Sungai Maruwai dan sekitarnya. Beberapa lapisan batubara mempunyai ketebalan mencapai 1,5 – 7 meter dan mempunyai kualifikasi “Cooking Coal dengan kandungan sebagai berikut :

- Kandungan air : 8,74 – 15,53 %

- Volatile Matter : 0,39 – 1,76 %
- Karbon : 38,44 – 48,66 %
- Sulfur : 0,35 – 0,46 %
- Nilai Kalori : 7.000 – 8.000 cal/gr.
- CSN : 5 - 7
Lokasi lain yang juga memiliki potensi kandungan batubara dengan nilai kalori <6.000>
- Kab.Gunung Mas : Kec.Tewah, Rungan, Kurun, Manuhing.
- Kotawaringin Timur : Kec.Mentaya Hulu, Mentaya Hilir dan Cempaga.
- Kab.Katingan : Kec.Katingan Tengah, dan Tewang Sangalang garing.
- Kab.Kotawaringin Barat : Pangkalan Banteng dan Kotawaringin Lama.

0 comments:

Posting Komentar